Manajemen Proyek Pada Bidang IT dan Pendidikan
Selasa, 23 Januari 2018
A. Pendahuluan
Pada postingan ini saya akan memberikan materi tentang Manajemen Proyek Pada Bidang IT Dan Pendidikan.
1. Pengertian
Manajemen Proyek Pada Bidang IT Dan Pendidikan adalah sebuah struktur yang mengatur jalannya sebuah proyek tanpa mengalami kendala di bidang IT dan pendidikan
2. Latar Belakang
Dengan adanya manajemen proyek ini kita dapat mudah menjalankan proyek tersebut dengan ter arah dan tidak ada kendala apapun.
3. maksud dan tujuan.
Dengan adanya Manajemen Proyek saya harap para IT tidak banyak lagi pengangguran dan meminialisir pengangguran terhadap para pengembang IT di indonesia saat ini.
B. ALAT DAN BAHAN :
Internet
Komputer ebok menejemen proyek pada bidang IT dan pendidikan
C. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan.
sekitar 4 jam.an untuk mempelajari ini.
D. Proses dan tahap yang di dapatkan
prinsip menejemen proyek ada 4 yaitu:
Planning (Perencanaan)
Organizing (Pengorganisasian)
Actuating (Penggerakan)
Controling (Pengendalian)
A. Planning (Perencanaan)
Perencanaan adalah sebuah PATOKAN untuk mempermudah menejer agar tercapainya sebuah tujuan, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.
hal-hal yang harus di perhatiakan dalam sebuah perancangan:
- permasalahan yang tergantung dalam sumber daya manusia.
- cara mencapai dalam sebuah tujuan dan sasaran dengan sumber daya
manusia.
- perincian sebuah program yang akan di lakukan.
- menejemen waktu agar waktu yang di sediakan cukup untuk merancang
kegiatan ini.
B. Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian adalah sebuah pengelompokan orang agar bisa saling bekerja satu sama lain dalam sebuah tim, dan dapat salig mengemukakan pendapat dan saling dapat di simpulkan oleh salah satu orang yaitu ketua yang bertanggung jawab atas anggotanya.
fungsi:
- menambahkan rasa solidaritas terhadap orang lain dalam sebuah tim yang
ada di dalam kelompok.
- membatu pemimpin dalam menjalankan kegiatan.
- mempersatukan pemikiran dalam tim menjadi satu pemikiran.
mekanisme koordinasi:
- koordinasi vertikal (koordinasi menggunakan komando)
- koordinasi horisontal (koordiasi yang sama dengan levelnya)
- koordinasi diagonal (koordinasi yang berbeda level dan tidak menggunakan
fungsi komando)
C. Actuating (Penggerakan)
penggerak adalah suatu ajakan yang di gunakan agar orang tersebut mau melakukan kegiatan dengan rencana yang sudah di tentukan sebelumnya.
metode mengukseskan
- mengharagai apapun tugas dari kelompok tersebut.
- pemimpin harus mempertimbangkan pegawai agar pegawai bekerja dengan
optimal.
- membuat metode dengan jelas, singkat, dan mudah di pahami agar
terlaksana sesuai harapan.
- memperaktikan agar semua pegawai mudah melakukannya.
D. Controling (Pengendalian)
pengendalian atau pengendali adalah sutu cara yang di gunakan untuk mengendalikan dan kegiatan ini untuk menjamin pekerjaan setelah di laksanakan agar sesuai dengn rencana.
ruang lingkup kegiatan
- produk perjaan, baik secara kualitatif / kuantitatif
- sumber daya yang di gunakan
- prosedur dan kesimpulan cara kerjanya.
- kebijakan sudah mencapai sasaran
ciri proyek
- memluai kegiatan
- memilih tujuan khusus
- jumlah biaya sudah di tentukan
- jangka waktu pelaksana sudah di tentukan
- bersifat sementara sampai batas waktu pelaksaan
- tidak berulang-ulang
z
- proyek adalah kegiatan dari program
- program adalah kegiatan yang akan di lakukan
- kalau ada proyek belum mesti ada program tetapi kalau ada program
mesti ada proyek
E. Hasil yang di dapatkan
kita mudah memahami tentang manajemen proyek dalam bidang IT dan pendidikan.
F. Temuan permasalahan
susah dalam implementasikan atau mengartikan ke dalam kehidupan sehari-hari
G. kesimpulan yang di dapatkan
mudah mempelajari tentang manajemen proyek dalam bidang IT dan pendidikan untuk mengatasi ataupun mengurangi pengangguran.
F. Refensi dan daftar pusaka
0 comments:
Post a Comment