Pages

traning cisco hari kesatu memahami tentang jaringan dasar dalam cisco

materi traning cisco hari pertama
 

jum'at 26 januari2018


A. Pendahuluan
    Pada hari ini saya mendapatkan sedikit traning materi dari cisco
 
1. Pengertian
    training adalah suatu kegiatan di mana kita bekerja atau melatih diri untuk suatu kegitan yang berguna bagi diri kita sendiri. 
    Cisco adalah sebuah perusahaan yang memiliki dua bidang usaha. Usaha yang pertama adalah didalam pembuatan hardware dan software yang berhubungan dengan jaringan komputer. Kemudian yang kedua adalah di bidang pendidikan yaitu dengan Cisco Networking Academy (CNA). 

2. Latar Belakang
    Semua orang mesti butuh ilmu tambahan jadi kali ini saya memberikan ilmu yang saya sudah dapat waktu traning
 
3. maksud dan tujuan.

    Memberikan materi maupun pengalaman setelah traning cisco ini dalam hari pertama.


B. ALAT DAN BAHAN : 
    Laptop
     Materi traning cisco
     Proyektor
     Internet

c. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan.
    Dalam waktu traning hari kesatu dilakukan selama 8 jam


D. Proses dan tahap yang di dapatkan  

    "Berkomunikasi di Dunia yang Saling Terhubung"
    Jaringan komputer (jaringan) adalah yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service)
    Online adalah suatu hal yang terhubung ke dalam jaringan
    Internet adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung untuk bertukar data antar perangkat.
    Jaringan wilayah lokal adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih keci.
    Data adalah  nilai yang memakili sesuatu yang berbentuk angka. macam data yaitu volunteered data,  inferred data dan observed data.
    Bit adalah adalah kependekan dari “Binary Digit“, yang berarti digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital.
    Byte adalah istilah yang biasa digunakan sebagai satuan dari penyimpanan data dalam komputer. Satu bita terdiri dari delapan bit.
    Tranmisi adalah media dimana data di kirim dengan alat bantu yaitu kabel ataupun nirkabel.
    Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. (wadah untuk mengalir sesuatu/alat yang di gunakan untuk mengalir)
    Throughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu (data yang mengalir)

    End Device Perangkat jaringan yang paling familiar bagi kita sehari-hari yaitu end devices atau hosts. contohnya Komputer, Printer jaringan, Telepon VoIP, TelePresence endpoint, Kamera pengawas, Perangkat genggam bergerak
     Intermediary Device Perangkat intermediary berfungsi untuk menghubung
kan antar end device. Perangkat ini menyediakan sambungan atau konektivitas dan bekerja untuk menjamin aliran data yang melalui jaringan. contonya: Network Access (switch dan wireless access point) Internetworking (router) Security (firewall).
    Media Komunikasi melalui jaringan dibawa oleh sebuah medium. Medium tersebut menyediakan saluran yang dilalui oleh pesan dalam perjalanan dari sumber ke tujunannya.
    Jaringan peer to peer merupakan jaringan komputer dimana setiap komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut merupakan klien sekaligus juga server. Jaringan ini dibentuk tanpa adanya kontrol terpusat dari sebuah server yang terdedikasi. Setiap komputer memiliki kedudukan yang sama. 
    Client-server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server.
    Perintah ping di CMD salah satunya untuk melakukan cek koneksi pada suatu host. Apabila Ping Replay maka host terkoneksi. Namun apabila Unreachle maka host tidak dapat terhubung, bisa karena kerusakan LAN atau kabel yang terlepas 
    Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

 Jaringan dalam kehidupan sehari-hari
    1G First Generation yaitu generasi pertama dari teknologi jaringan komunikasi, pada dasarnya merupakan sinyal radio yang ditransmisikan dalam bentuk Analog. 1G dapat mengirim pesan teks dan membuat panggilan, namun 1G memiliki kelemahan terbesar, yaitu ketersediaan jaringan yang terbatas
    2G Second Generation yaitu generasi kedua dari teknologi jaringan telepon selular dan yang pertama menggunakan enkripsi digital pada suatu percakapan.2G menjadi jaringan telekomunikasi seluler generasi kedua yang diluncurkan secara komersial pada standar GSM. Jaringan 2G adalah yang pertama untuk menawarkan layanan data dan pesan teks SMS. 
    3G Third Generation yaitu generasi ketiga dari teknologi jaringan telekomunikasi, telah menjadi populer terutama kemampuan mengakses Internet melalui perangkat seperti ponsel pintar atau smartphone dan tablet.
Jaringan 3G menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dari 2G dan yang pertama untuk memungkinkan panggilan video.
    4G Fourth Generation yaitu generasi keempat dari standar teknologi komunikasi telepon selular. Jaringan 4G, diyakini memberikan banyak fitur dan nilai tambah dari 3G. Percakapan, internet, chatting, jejaring, permainan, video atau apa pun fitur yang ada di dalamnya dapat dinikmati lebih baik dari 3G.


    GPS adalah kependekan dari Global Positioning System,  merupakan system navigasi berbasis satelit  yang  dikembangkan  oleh  Departemen  Pertahanan  Amerika  yang  didukung  oleh  27 jaringan satelit.
    Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. 
    Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralata
    NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja. 
    Komponen yang terdapat dalam jaringan adalah: Hosts(komputer, dsb) Peripherals(keyboar,dsb) Network devices (switch, server, dsb), Network media
(coaxial,utp, dsb)
    IP Static adalah ip yang di tetapkan secara manual dan tidak akan berubah ubah.      
    IP Dynamic adalah ip yang tidak tetap bisa berubah ubah sesuai dengan masa peminjamannya 
    Copper wires within cables adalah kabel yang menggunkan tranmisi berupa tembaga.
   Glass or plastic fibers (fiber-optic cable) adalah kabel yang menggunakan serat kaca
     
E. Hasil yang di dapatkan
    kita dapat mudah mempelajari dasar jaringan yang lebih lengkap lagi

F. Temuan permasalahan    
    susah dalam mengingat di karenakan banyak pengertiannya

G. kesimpulan yang di dapatkan    
    lebih mudah mempelajari jaringan

F. Refensi dan daftar pusaka 
    REVIEW_NetEss_Instructor Materials_Chapter1.pptx
     REVIEW_NetEss_Instructor Materials_Chapter2.pptx  

0 comments:

Post a Comment